GpYlTUY0GpOiTSGlBSAlTSG0TY==

Survei CPI Pilbup Lobar, Hj. Sumiatun-Ibnu Salim Berada Di Puncak Elektabilitas

Survei CPI Pilbup Lobar, Hj. Sumiatun-Ibnu Salim Berada Di Puncak Elektabilitas

 KANAL ONE, MATARAM - Lembaga survei Citra Publik Indonesia (CPI) merilis hasil surveinya untuk Pilkada Lombok Barat 2024. Survei yang dilakukan mulai 1 Agustus sampai 6 Agustus tersebut melibatkan 800 responden dengan margin of error sebesar +- 3,5 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Direktur CPI-LSI Network Hanggoro Doso Pamungkas mengatakan, dua bakal calon bupati dari kalangan perempuan yakni Sumiatun dan Nurhidayah saling pepet, baik dari sisi popularitas maupun elektabilitas.

Sumiatun memiliki tingkat popularitas 62,9 persen, disusul Nurhidayah 55,7 persen, Nauvar Furqoni 53,2 persen, 47,4 persen, Imam Kafali 41,5 persen, Nurul Adha 40,7 persen, Ibnu Salim 22,6 persen, Khaeratun 17,8 persen, Umar Said 15,9 persen dan Arabain 7,6 persen.

Sementara dari sisi elektabilitas Sumiatun masih memimpin dengan 18,3 persen, Nurhidayah 17,6 persen, Lalu Ahmad Zaini 12,3 persen, Nauvar Furqoni 11,2 persen, Imam Kafali 10,7 persen, Nurul Adha 5,1 persen, Ibnu Salim 4,6 persen, Khaeratun 4,2 persen, Umar Said 2,1 persen, Arbain 1,5 persen dan yang tidak tahu atau masih merahasiakan 12,4 persen.

"Sebagian besar alasan mereka memilih pasangan calon karena dekat dengan rakyat," kata Hanggoro, Kamis 5 September 2024.

Hanggoro juga mengatakan dalam simulasi empat nama Bapaslon seperti yang sudah mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) saat ini, pasangan Sumiatun-Ibnu Salim memiliki elektabilitas yang tinggi sebesar 26,6 persen.

Pasangan Nurhidayah-Imam Kafali sebesar 25,9 persen, Nauvar Furqoni-Khairatun 17,4 persen, Lalu Ahmad Zaini-Nurul Adha 15,1 persen dan yang masih tidak tahu atau rahasia 15 persen.

Bakal calon wakil bupati Lombok Barat, Ibnu Salim mengaku tidak jumawa dengan hasil survei yang dirilis lembaga survei CPI yang menempatkan dirinya bersama Hj. Sumiatun diposisi teratas.

"Mengalir saja seperti air, masyarakat yang punya cerita untuk hari esok yg lebih baik," ujar Ibnu Salim saat dihubungi kanalone.co.id, jum'at 6 September 2024.


Seperti diketahui pilbup Lobar 2024 akan diikuti oleh 4 bakal paslon. Masing-masing bapaslon memiliki komposisi laki-laki dan perempuan, diantaranya Hj Sumiatun-Ibnu Salim, Nurhidayah-Imam Kafali, Lalu Ahmad Zaini-Nurul Adha dan Nauvar Furqoni Farinduan-Khairatun.

Penulis: KO_03
Editor: Hadi

Komentar0

Bebas berkomentar. Sesuai Undang-undang Republik Indonesia. Link aktif auto sensor.

Cari Berita Lain di Google News
@lombokepo

Type above and press Enter to search.