GpYlTUY0GpOiTSGlBSAlTSG0TY==

Torehkan Prestasi Cemerlang, UIN Mataram Satu-satunya Universitas Terakreditasi Unggul di NTB

Torehkan Prestasi Cemerlang, UIN Mataram Satu-satunya Universitas Terakreditasi Unggul di NTB
KETERANGAN-Prof H.Masnun Tahir didampingi  Ketua LPM Dr. Winengan, Dr. H.M Zaidi Abdad dan Dr. Abdul Fatah saat memberikan keterangan pers terkait dengan UIN Mataram yang meraih predikat Akreditasi Unggul dari BAN PT (kanalone/dedy).

 KANAL ONE, MATARAM - Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram menorehkan prestasi cemerlang dengan berhasil meraih predikat Akreditasi Unggul dengan perolehan nilai 362 dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Rektor UIN Mataram, Prof. Dr. H. Masnun Tahir, M.Ag kepada sejumlah awak media di Mataram mengatakan, predikat unggul ini lahir setelah tim asesment melakukan peninjauan lapangan dari tanggal 23-25 Agustus 2024. Pihaknya juga sudah menyiapkan status akreditasi unggul ini sejak setahun terakhir dengan berupaya memenuhi semua persyaratan yang dibutuhkan. Sehingga UIN Mataram berhasil meraih akreditasi unggul.

Menariknya kata Prof Masnun, UIN Mataram menjadi satu-satunya universitas dan pertama di NTB yang mendapatkan akredistasi unggul. Karena selain UIN Mataram, sampai saat ini belum ada kampus lain yang meraih akreditasi unggul.

"Yang perlu dicatat adalah satu-satunya perguruan tinggi di NTB yang sudah terakreditasi institusinya Unggul. Sesuai dengan tagline UIN Mataram, Cendekia, Terbuka dan Unggul," kata Prof Masnun, Selasa 3 September 2024.


Adapun kriteria akreditasi BAN PT untuk perguruan tinggi yakni, Baik, Baik Sekali dan Unggul. Diakui Prof Masnun, capaian akreditasi Unggul yang diraih UIN Mataram merupakan hasil kerja kolektif dari seluruh civitas akademika UIN Mataram.

"Tentunya, ini adalah hasil perjuangan bersama seluruh civitas akademika UIN Mataram, user maupun steakholder, karena waktu asesmen lapangan itu, kami mengundang user yang berbicara tentang eksistensi UIN Mataram di luar, bagaimana alumni-alumninya dan lainnya," tuturnya.

Tim Asesor BAN-PT untuk UIN Mataram dipimpin oleh Prof. Dr. Andi Sutarso, SE., MS., serta para anggota tim lainnya, Prof. Dr. Khoiruddin, MA., Prof. Dr. Risan Rusli, MA., dan Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag. Tim ini telah memberikan apresiasi terhadap kesesuaian data dokumen dengan pembuktian lapangan yang ditunjukkan UIN Mataram.

Prof Masnun juga menambahkan bahwa capaian ini membuktikan bahwa UIN Mataram kini semakin siap untuk bersaing di tingkat nasional dan internasional sebagai kampus yang cendekia, terkemuka, dan unggul. Predikat Akreditasi Unggul akan menjadi tonggak penting dalam sejarah perkembangan UIN Mataram.

Sementara itu, Ketua LPM UIN Mataram Prof. Dr. Winengan mengatakan, ada 9 kreteria yang menjadi bahan uji tim Tim Asesor BAN-PT untuk menentukan akreditasi unggul seperti visi - misi, tujuan dan strategi, kemudian tata pamong, mahasiswa, sumber daya manusia hingga capaian tridharma.

“Kita harus bisa memenuhi angka 361 di setiap kreteria dan UIN Mataram mampu memenuhinya,” ujarnya.

Kini Civitas akademika UIN Mataram tengah berbahagia dan patut berbangga dengan capaian itu. Kedepan UIN Mataram juga akan terus melakukan terobosan dan inovasi demi perbaikan kualitas pendidikan di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Penulis: KO_03
Editor: Hadi

Komentar0

Bebas berkomentar. Sesuai Undang-undang Republik Indonesia. Link aktif auto sensor.

Cari Berita Lain di Google News
@lombokepo

Type above and press Enter to search.