GpYlTUY0GpOiTSGlBSAlTSG0TY==

Terima SK Sertifikat Akreditasi Unggul, UINMA Buktikan Kualitas Sebagai Perguruan Tinggi

Terima SK Sertifikat Akreditasi Unggul, UINMA Buktikan Kualitas Sebagai Perguruan Tinggi

 KANAL ONE, MATARAM - Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram secara resmi menerima Surat Keputusan (SK) Sertifikat Akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Sertifikat akreditasi unggul dikeluarkan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Direktur Dewan Eksekutif BAN - PT no. 1730/SK/BAN-PT/Ak/PT/IX/2024 yang menyatakan bahwa Universitas Islam Negeri Mataram memenuhi syarat peringkat Akreditasi unggul. Akreditasi unggul perguruan tinggi ini berlaku sejak tanggal 3 September 2024 sampai dengan September 2029.

Capaian gemilang UIN Mataram dengan memperoleh akreditasi unggul Perguruan Tinggi yang diberikan BAN-PT dengan nilai komulatif 362 membuktikan bahwa UIN Mataram sebagai satu-satunya Perguruan Tinggi (PT) Unggul di Nusa Tenggara Barat (NTB). Sekaligus menandakan bahwa UIN Mataram telah memenuhi standar kualitas pendidikan yang sangat tinggi, baik dari segi kurikulum, fasilitas, maupun kualitas dosen dan tenaga pendidik.

Dengan akreditasi unggul, UIN Mataram telah menunjukkan komitmen dalam menyediakan pendidikan berkualitas tinggi yang sejalan dengan tuntutan global dan kebutuhan masyarakat lokal. Karena Perguruan tinggi yang memperoleh akreditasi unggul diakui memiliki kemampuan untuk memberikan pendidikan yang bermutu tinggi, mampu menghasilkan lulusan yang kompeten, serta memiliki peran signifikan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Universitas yang berhasil meraih akreditasi unggul telah menunjukkan pencapaian yang luar biasa, karena telah melewati serangkaian standar penilaian yang sangat ketat. Akreditasi ini menandakan bahwa institusi tersebut diakui memiliki kualitas yang sangat tinggi dalam tiga aspek utama yakni pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat," kata Rektor UIN Mataram, Prof. Dr. Masnun Tahir, M.Ag kepada Kanalone.co.id Kamis 5 September 2024.


Dijelaskan Prof. Masnun dalam aspek pendidikan, Perguruan Tinggi dengan akreditasi unggul memastikan bahwa kurikulumnya relevan dan berkualitas, dosennya kompeten, serta fasilitas pendukung pembelajaran sangat memadai.

Di bidang penelitian, Perguruan Tinggi tersebut diakui mampu menghasilkan karya ilmiah yang signifikan dan berkontribusi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan. Sedangkan dalam pengabdian kepada masyarakat, Perguruan Tinggi tersebut menunjukkan komitmen yang kuat dalam memberikan manfaat nyata bagi masyarakat melalui program-program yang inovatif dan berdampak luas.


"Jadi dengan akreditasi unggul, sebuah Perguruan Tinggi tidak hanya memenuhi standar nasional, tetapi juga menunjukkan keunggulan yang konsisten, yang membuatnya menjadi pilihan utama bagi para calon mahasiswa, peneliti, dan mitra institusi baik di dalam maupun di luar negeri," ujarnya.

Diakui pihaknya capaian akreditasi unggul ini merupakan hasil kolaborasi yang erat antara berbagai elemen di dalam Perguruan Tinggi, seperti pimpinan, dosen, staf, dan mahasiswa, juga menjadi faktor kunci dalam pencapaian ini. Semua pihak bekerja secara sinergis untuk memastikan bahwa visi dan misi Perguruan Tinggi dapat diwujudkan dengan baik, yang pada akhirnya membawa UIN Mataram meraih akreditasi unggul dari BAN-PT.

"Terima kasih dan penghargaan yang tinggi kami haturkan kepada Gus Men (Bapak Menteri Agama Republik Indonesia) KH. Yaqut Cholil Qoumas, Bapak Sekjen Kementerian Agama Ri Prof. Dr. Muhammad Ali Ramdhani, S.TP., M.T., Bapak Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI/Diktis) Kementerian Agama RI Prof Ahmad Zainul Hamdi, MA atas dukungan dan kerja samanya dalam mewujudkan PTKIN Unggul. Terima kasih pula kepada BAN-PT yang telah menetapkan UIN Mataram sebagai PTKIN yang pantas meraih predikat Akreditasi Unggul. Dan Terima kasih kepada Tim Asesor BAN-PT untuk UIN Mataram Prof. Dr. Andi Sutarso, SE., MS., Prof. Dr. Khoiruddin, MA., Prof. Dr. Risan Rusli, MA., Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag., dan Prof Dr H Abu Rokhmad
Dirjen Pendis. Tim ini telah memberikan apresiasi terhadap kesesuaian data dokumen dengan pembuktian lapangan yang ditunjukkan oleh UIN Mataram," ucapnya penuh bahagia.

"Kepada semua pihak yang ikut andil dalam raihan capaian Akreditasi Unggul ini yang tidak dapat disebut satu persatu disampaikan ucapan terima kasih. Semoga dukungan dan bantuan baik moril dan materil menjadi catatan amal terbaik buat kita semua di sisi-Nya," sambungnya.

Penulis: KO_03
Editor: Hadi

Komentar0

Bebas berkomentar. Sesuai Undang-undang Republik Indonesia. Link aktif auto sensor.

Cari Berita Lain di Google News
@lombokepo

Type above and press Enter to search.