GpYlTUY0GpOiTSGlBSAlTSG0TY==

FEBI UIN Mataram Lakukan Benchmarking Internasional ke Fukuoka Jepang

FEBI UIN Mataram Lakukan Benchmarking Internasional ke Fukuoka Jepang

 KANAL ONE, MATARAM - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Mataram (FEBI UIN Mataram) melakukan benchmarking internasional di kampus Fakultas Bisnis Kontemporer, Kyushu Internasional University, Fukuoka Jepang tanggal 3 September 2024.

Kunjungan dilakukan oleh Riduan Mas’ud selaku Dekan FEBI UIN Mataram beserta Kepala Biro, Wakil Dekan II, Kabag TU dan staff.

Mereka diterima oleh Prof. Mari Murakami, selaku Dekan Fakultas Bisnis Kontemporer, Prof. Satomi Ogata dan staff faculty Bisnis Kontemporer Kyushu Internasional University.

Kegiatan International benchmarking ini dilakukan di Ruangan Kerja Dekan Fakultas Bisnis Kontemporer Prof. Mari Murakami.

Kegiatan ini bertujuan dalam rangka memperkuat upaya internasionalisasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri Mataram dengan berbagi praktik dan strategi terbaik, yang dapat diadopsi dan diadaptasi dalam rangka peningkatan mutu dan pelayanan akademik di lingkup Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Mataram.

Pertemuan dilanjutkan dengan sesi perkenalan kampus Fakultas Bisnis Kontemporer Kyushu Internasional University, dan dilanjutkan dengan sesi diskusi, tanya jawab berkaitan dengan praktik baik layanan akademik dan fasilitas serta program internasionalisasi Fakultas.

Riduan menjelaskan, kunjungan ini merupakan salah satu platform bagi para pemimpin akademis, Kepala Biro, administrator dan staff internasional untuk menumbuhkan koneksi yang luas, untuk dapat saling bertukar ide dan mengembangkan rencana dan inovasi yang dapat ditindaklanjuti dengan  mengedepankan tekhnologi dalam efisiensi dan efektivitas layanan akademik. Semua ini dalam rangka memajukan agenda internasionalisasi FEBI UIN Mataram.

“Maksud kedatangan kami adalah untuk melakukan benchmarking, kami ingin belajar dan mendapatkan praktik baik dari Fakultas Bisnis Kontemporer Kyushu Internasional University, bagaimana membangun standar internasional dalam layanan akademik, bagaimana membangun internasionalisasi Fakultas dalam rangka berupaya untuk mencapai level world class university,” beber Kabag. TU FEBI UIN Mataram.


Untuk lebih fokus pada divisi tertentu dan komprehensif, kunjungan benchmarking kemudian dilanjutkan dengan mengunjungi beberapa unit kerja di Fakultas Bisnis Kontemporer yaitu center of media, yang merupakan pusat layanan digital, student recruitment and admission division, center for sport and health.

Kunjungan tersebut juga dilengkapi dengan penjelasan singkat tentang kampus, tour kampus seperti penggunaan, tujuan, dan sejarah bangunan-bangunan yang ada di Fakultas Bisnis Kontemporer Kyushu Internasional University.

Dalam kunjungan tersebut, FEBI mendapatkan banyak masukan terkait program yang dilakukan untuk mendukung peningkatan mutu, salah satunya melalui penggunaan kurikulum yang disesuaikan dengan tren kerja saat ini dengan mendorong kreativitas, inovasi, dan keterampilan kewirausahaan bagi mahasiswa.

Dalam kesempatan ini, FEBI UIN Mataram juga membahas tentang kemungkinan kolaborasi reseach mengenai regulasi halal khususnya dalam hal sertifikasi makanan halal bagi komunitas muslim yang ada di Jepang dan dampaknya dari sisi aspek ekonomi.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada pihak Fakultas Bisnis Kontemporer yang telah memberikan kesempatan dan sambutan yang baik, dan berharap rancangan kolaborasi bisa direalisasikan untuk kedepannya” ujar Riduan.

Sementara dari pihak Fakultas Bisnis Kontemporer menyatakan sangat senang menerima kedatangan delegasi dari FEBI UIN Mataram, Indonesia, dan berharap kerjasama bisa terus berlanjut dan melahirkan program-program internasional lainnya.

Penulis: KO_03
Editor: Hadi

Komentar0

Bebas berkomentar. Sesuai Undang-undang Republik Indonesia. Link aktif auto sensor.

Cari Berita Lain di Google News
@lombokepo

Type above and press Enter to search.